Tubuh wanita lebih mudah gemuk dibandingkan dengan pria, padahal tubuh yang gemuk merupakan hal yang berusaha dihindari oleh kebanyakan wanita, bukankah begitu? Apakah yang menyebabkan wanita mudah gemuk? Berikut ini adalah alasannya.

Hamil

Ketika hamil wanita akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan, tentu saja karena wanita mengandung seorang anak dalam rahimnya. Disamping itu wanita yang hamil juga dituntut untuk mengkonsumsi banyak makanan sehat, terutama makanan yang tinggi protein. Meskipun begitu beberapa wanita hamil terlalu banyak makan melebihi yang dibutuhkan oleh diri dan bayinya. Setelah persalinan pun tubuh wanita masih akan terlihat sangat gemuk, karena wanita yang baru melahirkan tidak diperbolehkan untuk melakukan diet karena akan mempengaruhi kualitas ASI nya.

“Kenaikan berat badan yang dianjurkan ketika sedang hamil adalah 10 – 15 kg.”

Melampiaskan Emosi pada Makanan

Kebanyakan wanita mengaku bahwa ketika mereka emosi baik itu sedang senang, sedih, marah, atau mungkin galau, mereka akan melampiaskan emosi tersebut kepada makanan. Makanan yang dipilih juga bukan makanan sembarangan, melainkan makanan manis yang dapat memicu tubuh menjadi gemuk. Makanan apakah yang anda makan?

Malas Berolahraga

Sebagian besar wanita di dunia malas berolahraga karena menganggap akan merusak make up dan penampilan mereka. Hal ini merupakan anggapan yang sangat keliru, karena justru dengan berolahraga seorang wanita dapat menjaga tubuh dan penampilannya. Berolahraga secara rutin dapat menghambat proses penuaan tubuh, serta mengencangkan otot-otot dan kulit tubuh. Malas berolahraga justru akan membuat wanita mudah gemuk.

Tubuh Wanita Menyimpan Lebih Banyak Lemak

Menurut Professor Michele Olson, Ph. D., di Universitas Montgomery Auburn, bahwa wanita menyimpan lebih banyak lemak dalam tubuhnya dibandingkan dengan pria. Itu karena wanita memiliki tingkat esterogen yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Tetapi anda tidak perlu khawatir, dengan berolahraga secara rutin dan teratur anda akan mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal.

Pria Memiliki Metabolisme yang Lebih Aktif dibandingkan Wanita

Secara umum pria memiliki metabolisme yang lebih aktif dibandingkan dengan wanita. Pria memiliki otot 6 kali lebih besar dan kuat dari wanita, serta jumlah lemak yang proporsional untuk menopang berat badannya. Dengan otot yang 6 kali lebih besar, tubuh pria dapat membakar lebih banyak kalori dari wanita, bahkan ketika sedang beristirahat.

Atasi dengan Pola Hidup Sehat

Meskipun pada umumnya wanita mudah gemuk, itu semua dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Perlu dipahami bahwa pola hidup yang sehat bukanlah menyiksa diri anda dengan melakukan diet yang ekstrem seperti hanya makan 1 kali sehari dengan porsi yang sedikit. Ketahuilah bahwa tubuh anda membutuhkan cukup karbohidrat untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Makanlah secukupnya, penuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan zat-zat lainnya yang diperlukan tubuh, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makan 4 sehat 5 sempurna.

Berolahraga secara rutin dan teratur, anda tidak perlu memporsir tubuh anda dengan melakukan olahraga yang berlebihan. Kenali batas tubuh anda, jangan sampai olahraga yang dilakukan justru menyiksa dan berdampak buruk pada tubuh anda. Berolahraga 1 jam setiap harinya sudah sangat cukup, atau anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang olahraga dan kesehatan anda. Perbanyak minum air putih yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Istirahatlah yang cukup, jangan kurang atau berlebihan, 6 jam adalah waktu yang disarankan untuk tidur.